ANALISA PERFORMA HONDA SUPRA X 125 MENGGUNAKAN KARBURATOR STANDART DAN KARBURATOR RACING BERBAHAN BAKAR PERTALITE

Lailam Qadarul Harahap

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Performa Honda Supra X 125 Menggunakan Karburator Standart dan Karburator Racing Berbahan Bakar Pertalite. Metode yang digunakan adalah eksperimen yang dilakukan pada Motor Honda Supra X 125. Torsi engine yang dihasilkan oleh motor Honda Supra X 125 menggunakan bahan bakar Pertalite lebih besar dengan menggunakan Karburator Racing mencapai Torsi maksimum yaitu 17,5 Nm pada putaran engine 4000 rpm, sedangkan Torsi maksimum yang dicapai Karburator Standart yaitu 12,2 Nm pada putaran engine 4000 rpm. Daya engine yang dihasilkan oleh motor Honda Supra X 123 menggunakan bahan bakar Pertalite lebih besar dengan menggunakan Karburator Racing yaitu mencapai Daya engine maksimum yaitu 14,7 hp pada putaran engine 8000 rpm, sedangkan Daya engine maksimum yang dicapai Karburator Standart yaitu 9,6 hp pada putaran engine 6000 dan 8000 rpm. Sfc engine yang dihasilkan oleh motor Honda Supra X 123 menggunakan bahan bakar Pertalite lebih besar dengan menggunakan Karburator Standart yaitu mencapai 0,7103 kg/hp.jam pada putaran engine 9000 rpm, sedangkan Sfc engine karburator Racing paling banyak yaitu 0,6247 kg/hp.jam pada putaran engine 9000 rpm. Hal ini menunjukkan semakin besar rpm yang digunakan maka semakin besar pula Torsi, Daya dan Konsumsi Bahan Bakar Spesifik yang digunakan.


Keywords


Karburator; Bahan Bakar; Pertalite; Honda Supra

Full Text:

PDF

References


. Arends, BPM dan H.Berenschot. 1980. Motor Bensin. Jakarta :Erlangga.

. Direktorat Jendral Minyak dan Gas (Ditjen Migas) No.3674.K/24/DJM/2006, tanggal 17 Maret 2006 pada tabel 2.2 Tentang Spesifikasi Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin 90.

. https://www.modifikasi.co.id/4445/cara-kerja-mesin-4-tak-lengkap-dengan-ilustrasi/ dikutip pada tanggal 20 februari 2019

. https://www.autoexpose.org/2018/01/komponen-mesin-motor-4-tak.html dikutip pada tanggal 11 maret 2019

. Jama, 2008, Teknologi Sepeda Motor Jilid 2, 0. 47. Teknik sepeda motor Jilid 1, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

. Pulkrabek, W.W, 2004, Engineering Fundamentals of the Internal Combustion Engines, Second Edition. Pearson Prentice-Hall.

. Philip Kristanto, 2015, Motor Bakar Torak. Penerbit Andi. Yogyakarta.

. Rafki Afra tahun 2013, Pengujian Performansi Sepeda Motor Honda GL Pro Neo-Tech Dengan Modifikasi Karburator

. Raharjo, Winarno Dwi dan Karnowo, 2008, Mesin Konversi Energi. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

. Soenarto, Furuhama. 1995, Motor Serba Guna. Penerbit Pradnya Paramita. Jakarta.

. Winarno dan Karnowo, 2008, Buku Ajar Mesin Konversi Energi. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

. Yaskawi, K. 1994. Teori Pembakaran Hydrogen. Semarang.




DOI: https://doi.org/10.30743/but.v17i2.4948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Lailam Qadarul Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License