Peran Penyuluh Pertanian Terhadap Produksi Padi Sawah Di Distrik Mariat Kabupaten Sorong

isma iryanti tatang, isma iryanti tatang

Abstract


Penyuluh pertanian mempunyai peran yang penting dalam pembanguan pertanian Indonesia  karena sebagai agen perubahan, penyuluh merupakan ujung tombak yang langsung berhubungan dengan petani. Dalam hal ini, penyuluh pertanian dibutuhkan guna membantu petani dalam keberhasilan produksi, adapun masalah yang dihadapi petani dalam melakukan usahtaninya yaitu kurangnya bantuan bibit, pestisida, dan pupuk.Tujuan penelitian adalah (1) Mengetahui peran penyuluh pertanian terhadap produksi padi sawah secara signifikan di Distrik Mariat Kabupaten Sorong (2) Mengetahui pengaruh peran penyuluh pertanian terhadap produksi padi sawah di Distrik Mariat Kabupaten Sorong. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, dan analisis regresi linear berganda. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah peran penyuluh sebagai motivator memperoleh bobot 63%, edukator 54%, konsultator 58%, dan fasilitator 67%. Berdasarkan analisis regresi linear berganda memperoleh peran penyuluh pertanian sebagai motivator, edukator, dan konsultator berpengaruh secara signifikansi terhadap produksi padi sawah, sedangkan peran penyuluh pertanian sebagai fasilitator tidak berpengaruh secara signifikansi terhaap produksi padi sawah.


Full Text:

PDF

References


BPS, 2023. Jumlah pekerja pertanian. Indonesia.

BPS, 2023. Jumlah produksi. Indonesia.

BPS, 2022. Jumlah produksi padi. Papua Barat.

BPP, 2022. Jumlah produksi padi. Distrik Mariat. Papua Barat Daya.

BPP, 2023. Kelompok tani. Distrik Mariat. Papua Barat Daya.

Famili, R., Marijono & Imsiyah. N, 2017. Peran Penyuluh Pertanian Terhadap Kelompok Tani. Desa Tegalharjo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. 1 (2), 24-26.

Ghozali, Imam, 2018. Aplikasi Analisis Multivarieta dengan program IMB SPSS 25. Badan Penerbit Universitas

Diponegoro. Semarang

Haryanto, Y., Sumardjo, Amanah, S., &

Tjitropranoto, P, 2017. Efektivitas Peran Penyuluh Swadaya di Provinsi Jawa Barat. Jurnal Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian, 20(2), 141-154.

Muchson. (2017). Statistik Deskriptif. Bogor: Guepedia.

Rahmawati, Mahludin, B, & Bahua, M.I, 2019. Kinerja Penyuluh dan Efektivitas Pelaksanaan Penyuluhan Jurnal Sosial konomi Pertanin, 15(1), 56-70.

Ghozali, Imam, 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Bada Penerbit Universitas Diponegoro. Ghozali, Imam, 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan pprogram IMB SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang; Badan Penerbit Universitas Diponegoro.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 isma iryanti tatang, isma iryanti tatang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ATHA Jurnal Ilmu Pertanian

Fakultas Pertanian - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/atha
Email : Jurnal_atha@fp.uisu.ac.id

ATHA Jurnal Ilmu Pertanian is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License