STRATEGI PROMOSI SELEBGRAM ENDORSEMENT DALAM MENARIK MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK SKINCARE LOKAL

M Bagas Banuaran, Zakaria Siregar

Abstract


Strategi promosi merupakan bagian dari kegiatan pemasaran dalam memasarkan suatu produk, kegiatan ini biasa dilakukan oleh para pelaku usaha dalam mengembangkan jenis usahanya. Salah satu bentuk kegiatan pemasaran yang paling sering digunakan oleh para pelaku usaha ialah pemasaran melalui jejaring sosial yaitu di instagram. Pada praktiknya, penggunaan selebriti di instagram (selebgram) seringkali digunakan sebagai alat pemasaran yang efektif dalam mencapai tujuan pemasaran di instagram. Kegiatan pemasaran dalam jejaring sosial pada selebgram disebut endorsement. Dengan adanya selebgram endorsement mampu menarik lebih banyak lagi minat beli konsumen pada produk skincare lokal dengan strategi promosi yang dilakukannya di akun instagramnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi promosi yang dilakukan selebgram endorsement dalam menarik minat beli konsumen pada produk skincare lokal di instagram. Fokus dari penelitian ini adalah mengamati isi postingan endorsement produk skincare lokal pada akun instagram @tasyafarasya, dengan menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan segala bentuk yang terlihat dari hasil pengamatan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam secara virtual (online) kepada 8 pengikut wanita dari instagram @tasyafarasya, dan dokumentasi didapat dari hasil temuan pengamatan berupa screenshoot foto–foto isi instagram @tasyafarasya dan isi percakapan bersama narasumber melalui fitur direct message di instagram. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat dikatakan bahwa kegiatan pemasaran melalui jejaring sosial instagram dan penggunaan selebgram endorsement dalam menarik minat beli konsumen pada produk skincare lokal dapat dilihat melalui model AIDA dan dari beberapa indikator yang dimiliki selebgram endorsement di instagram.


Full Text:

PDF

References


Banjarnahor Astri Rumandong dkk. (2021). Manajemen Komunikasi Pemasaran,. Jakarta : Yayasan Kita Menulis.

Bergstrom Christian, Skarfstad Rikard. (2004). Celebrity Endorsement Case Study of J. Lindeberg. Swedia : Department of Business Administration and Social Sciences Division of Industrial Marketing and e-Commerce..

Ghazali Miliza, (2016). Buat Duit Dengan Facebook dan Instagram : Panduan Menjana Pendapatan dengan Facebook dan Instagram. Malaysia : Publishing House.

Handayani Asih, Sarwono Aris Eddy. (2021). Buku Ajar : Manajemen Strategis. Surakarta : UNISRI Press.

Harahap Nursapia. (2020). Penelitian Kualitatif. Medan : Wal Ashri Publishing. Ismanto

Juli. (2020). Manajemen Pemasaran. Banten : UNPAM Press.

Karyaningsih Ponco Dewi. (2018). Ilmu Komunikasi. Yogyakarta : Samudera Biru.

Kriantono Rahmat. (2009). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana.

Kurniawan Gogi. (2020). Perilaku Konsumen Dalam Membeli Produk Beras Organik Melalui Ecommerce. Mitra Abisatya.

Mas Sitti Roskina, Haris Phil. Ikhfan. (2020). Komunikasi Dalam Organisasi : Teori dan Aplikasi, Gorontalo : UNG Press.

Nurudin Ismail, Hartati Sri. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya : Media Sahabat Cendekia.

Panuju Redi. (2018). Pengantar Studi Ilmu Komunikasi : Komunikasi Sebagai Kegiatan Komunikasi Sebagai Ilmu. Jakarta : Prenamedia Group.

Rayan Frans M. (2004). Marketing Celebrities. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Saleh Muhammad Yusuf, Said Miah. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. Makassar : CV. Sah Media.

Siyoto Sandu, Sodik Ali. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Kediri : Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Surahman, Rachmat Mochamad, Supardi Sudibyo. (2016). Metodologi Penelitian. Jakarta Selatan : Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Tasnim dkk. (2021). Komunikasi Pemasaran, Medan : Yayasan Kita Menulis.




DOI: https://doi.org/10.30743/jdkik.v2i2.9692

Refbacks

  • There are currently no refbacks.