Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Asus (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB UISU Prodi Manajemen Stambuk 2020)

Wavira Eisya Nabila, Tengku Ahmad Helmi, Julkarnain Julkarnain

Abstract


The formulationof the probleminthisstudyiswhetherthereis aneffectof Brand ImageandPriceonPurchasing Decisions forAsusLaptops(CaseStudyofFEB UISUManagement StudyProgramStudentsStambuk2020).Thisstudyaimsto determine theeffectofBrandImage andPriceonAsus LaptopsPurchasing Decisions(CaseStudyofFEBUISUManagement StudyProgramStudents Stambuk2020).Thepopulation ofthisstudywere160FEBUISUManagement StudyProgramstudentsusingtheSlovinsamplingformulaobtaineda samplesize of62samples andallocatedtoeachstratum usingthesimplerandomsampling formula.Datacollectiontechniquesinthisstudyusingquestionnaires and literature studies.Thedataanalysis technique usedinthisresearchismultiple linearregression analysis.Thedatacalculation processusestheSPSS20 programme. TheresultsofthisstudyindicatethatBrandImagehasasignificant effectonPurchasingDecisionsforAsusLaptopsforFEBUISUManagementStudy ProgramStudentsStambuk2020.Pricehasasignificant effectonpurchasing decisions forAsuslaptops forFEBUISUstudentsinthe 2020

The formulationof the probleminthisstudyiswhetherthereis aneffectof Brand ImageandPriceonPurchasing Decisions forAsusLaptops(CaseStudyofFEB UISUManagement StudyProgramStudentsStambuk2020).Thisstudyaimsto determine theeffectofBrandImage andPriceonAsus LaptopsPurchasing Decisions(CaseStudyofFEBUISUManagement StudyProgramStudents Stambuk2020).Thepopulation ofthisstudywere160FEBUISUManagement StudyProgramstudentsusingtheSlovinsamplingformulaobtaineda samplesize of62samples andallocatedtoeachstratum usingthesimplerandomsampling formula.Datacollectiontechniquesinthisstudyusingquestionnaires and literature studies.Thedataanalysis technique usedinthisresearchismultiple linearregression analysis.Thedatacalculation processusestheSPSS20 programme. TheresultsofthisstudyindicatethatBrandImagehasasignificant effectonPurchasingDecisionsforAsusLaptopsforFEBUISUManagementStudy ProgramStudentsStambuk2020.Pricehasasignificant effectonpurchasing decisions forAsuslaptops forFEBUISUstudentsinthe2020Stambuk Management StudyProgram.BrandImageandPricesimultaneouslyhavea significant effectonPurchasing DecisionsforAsusLaptopsforFEBUISU StudentsinManagementStudyProgramStambuk2020.


Keywords


Brand Image; Price; Purchasing Decisions.

Full Text:

PDF

References


Buku

Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Pasuruan: Penerbit Qiara Media.

Musfar, T. F. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran Bauran Pemasaran Sebagai materi Pokok Dalam

Manajemen Pemasaran. Bandung: Media Sains Indonesia. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Jurnal

Amilia, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek xiaomi di kota langsa. Jurnal manajemen dan keuangan, 6(1), 660-669.

Arianty, N. (2017). Pengaruh Promosi Dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 4(2), 76–87.

Daulay, R., & Putri, R. E. (2018). Analisis Faktor-faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Kota Medan. Prosidding Konferensi Nasional ke-8 APPPTMA. 1-6.Erlangga, H. (2021). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike Pada Mahasiswa Universitas Pamulang. Perkusi, Vol 1(1). 94-100.

Habibah, U., & Sumiati. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelia Produk Kosmetik Wardah Pada Di Kota Bangkalan Madura. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 31 – 48.

I Kadek, P. S. J. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Asus (Studi Kasus Pada Siswa Smk Negeri 1 Mas Ubud).

Prasetya, E. G., Yulianto, E., & Sunarti, d. (2018). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Air Mineral Aqua. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 62 No.2.

Syaleh, H. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Tempat Pendistibusian Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Pada Perusahaan Tjahaja Baru Bukittinggi. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 1(1), 68-82.

Tamimi, P. S., Nugraha, H. S., & Widiartanto, W. (2015). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Dell di Kota Semarang (Studi Kasus Pada Konsumen Laptop Merek Dell di Kecamatan Banyumanik Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(2), 361-370.

Website

Administrator Prodi Manajemen. 2024. “Data Mahasiswa Manajemen Aktif Stambuk 2020”. Diakses pada tanggal 9 Januari 2024. http://siakad.uisu.ac.id/.

Galih. Penjualan PC Awal Tahun Turun Drastis, Apple yang Terparah. Hybrid.co.id. Diakses pada tanggal 13 Desember 2023. https://www.google.com/amp/s/hybrid.co.id/amp/post/penjualan-pc- awal-2023-turun-drastis.




DOI: https://doi.org/10.30743/jrmb.v7i2.9372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  

JRMB (Jurnal Riset Manajemen & Bisnis)
Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan-Medan Indonesia 20217 
Telp. (061) 7869880 | fax. (061) 7869880
Email: admin.jrmb@fe.uisu.ac.id