PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ICARE (INTRODUCTION, CONNECTION, APPLICATION, REFLECTION, EXTENSION) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA

Nurfajriani Nurfajriani, Leny Nopvila Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran ICARE lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada materi asam basa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Sampel dari penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran ICARE (Pendahuluan, Koneksi, Penerapan, Refleksi, Ekstensi) dan kelas kontrol yang diajarkan dengan model konvensional. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model ICARE sebesar (81,33) lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model konvensional yaitu (65,16). Hasil hipotesis menggunakan Independent Sample T-test dengan α = 0,05 diperoleh nilai Sig. 0,00 < 0,05 sehingga dalam penelitian ini hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (H₂) diterima.

Keywords


hasil belajar; ICARE; konvensional; asam basa

Full Text:

PDF

References


Dipalaya, T., Susilo, H., & Corebima, A. D. (2016). The Effect Of Pdeode (Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain) Learning Strategy In The Different Academic Abilities On Students’ Learning Outcomes In Senior High School Makassar. Research Report, (2).

Ernawati, E., Andriani, S., Farida, F., & Sri Anggoro, B. (2019). Analisis Miskonsepsi Matematis: Dampak Strategi Pembelajaran Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 259–269. https://doi.org/10.24042/djm.v2i3.4862.

Hasim, E. (2020). Penerapan kurikulum merdeka belajar perguruan tinggi di masa pandemi covid-19. Proseding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Univeristas Negeri Gorontalo, 68-74.

Kusnadi, K., Hamdiyati, Y., & Azkya, A. (2018). Penerapan Model Belajar Pdeode (Predict-Discuss-Explainobserve-Discuss-Explain) Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal BIOEDUIN : Program Studi Pendidikan Biologi, 8(2), 1–5. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i2.3184

Nurfajriani, N., & Chairani, R. (2023). Implementasi E-Modul Berbasis Creative Problem Solving pada Materi Ikatan Kimia terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(1), 23-31.

Nurfajriani, & Samuel.(2022). Implementasi Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Adobe Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit SMA Kelas X. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan,13(1),1-11.

Yudha, S., Nurfajriani, N., & Silaban, R. (2023). Analisis Kebutuhan Guru Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android. Jurnal Warta Desa (JWD), 5(1), 42-47.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and development, 8(2), 468-468.

Megawanti, P. (2015). Meretas permasalahan pendidikan di Indonesia. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3).

Rohman, A. S., Wijaya, I. A. R., Asyura, I., & Mustakim, U. S. (2023). ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR. Jurnal Ilmiah ATSAR Kuningan, 2(2), 52-56.

Yasa, N. Y. P., Astawa, I. W. P., & Sudiarta, I. G. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Icare Berbantuan Masalah Matematika Terbuka Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII smp laboratorium Undiksha Singaraja. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 10(1), 84-92.

Haryadi, Dheni Nur, dan Sri Nurhayati. (2015). ‘’Penerapan Model Learning Start With A Question Berpendekatan ICARE Pada Hasil Belajar’’. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 9(2): 1530.

Manopo, D. D. D., & Gugule, S. (2022) Pengaruh Model Pembelajaran ICARE Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Pada Materi Hidrokarbon Kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Tombatu.

Hapsari, R.G. (2019). “Pengaruh Model Pembelajaran ICARE Terhadap Kemampuan BerfikirKreatif”. Jurnal pedagogi. 12(1): 180




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v8i1.9057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Leny Nopvila Sari, Nurfajriani Nurfajriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License